Assalamulaikum Wr.Wb.
Hai, teman- teman setelah sebelumnya
kita membahahas bab Epistimologi dan Etik Filsafat Pendidikan Matematika. Pada
Minggu ketiga ini saya akan membahas tentang bab Elemen Ideologi Pendidikan Matematika.
Sebelum itu, apa sih
ideologi???
Arti idelogi sendiri yaitu kumpulan
konsep bersistem yg dijadikan asas pendapat yg memberikan arah dan tujuan untuk
kelangsungan hidup. Jadi, maksud dari ideologi disini adalah suatu keyakinan yang
diterapkan pada masing-masing tingkatan masyarakat dengan menggunakan berbagai
cara yang berbeda beda tergantung pada konteks atau keadaan yang terjadi.
Dengan berdasarkan epistimologi dan etis yang fundamental ada
dua keyakinan tujuan pendidikan matematika dan cara untuk mencapai mereka.
Lalu,
cara apa saja untuk mencapai tujuan pendidikan matematika??
Untuk mencapai tujuan pendidikan matematika memiliki dua
tingkatan yaitu tingkat dasar. Pertama adalah unsur-unsur yang lebih dalam
ideologi atau dikenal Elemen Primer yang terdiri dari epistimologi filsafat
matematika, sekumpulan nilai moral, teori anak, teori masyarakat dan tujuan
pendidikan. Kedua, tingkat sekunder yang terdiri dari unsur-unsur yang
dihasilkan berkaitan dengan pendidikan atau disebut Elemen Sekunder yang
terdiri dari tujuan pendidikan matematika, teori pengetahuan matematika sekolah,
teori pembelajaran matematika, teori pengajaran matematika, teori penilaian
pembelajaran matematika, teori kemampuan matematika dan teori keanekaragaman
sosial dan budaya.
Dari penjelasan diatas, terdapat nama teori anak.
Apa kalian tau apa itu teori anak???
Teori anak adalah sebuah teori kemampuan dan khususnya kemampuan
matematika berasal dari anak, seperti halnya pandangan dari tatanan sosial,
menghubungkan perbedaan individu dan tipologi terhadap kelompok social, dan
dari teori-teori sifat matematika dan aksesibilitas-nya.
Selain itu apa kalian tau bedanya
teori pembelajaran matematika dengan teori pengajaran matematika??
Pada teori pembelajaran matematika adalah pusat ideologi
pendidikan matematika dan peran pelajar sangat penting, disini, sedangkan pada
teori pengajaran yaitu dimana instrumental bagi pembelajaran, yang mana hal
tersebut merupakan hasil yang dimaksud dalam pendidikan matematika dan peran
guru sangat diperlukan.
Sekian, sampai jumpa di bab selanjutnya..............
|
0 komentar:
Posting Komentar