Assalamulaikum Wr.Wb.
Hai, teman- teman setelah sebelumnya
kita membahahas bab Pandangan Aliran Formalisme dan Konstruktivisme dalam
Matematika. Pada Minggu kedua ini saya akan membahas tentang bab Epistimologi
dan Etik Filsafat Pendidikan Matematika.
Sebelum kita membahas lebih dalam, menurut
kalian apa sih arti dari Epistimogi dan Etik itu sendiri???
Arti dari Epistemologi sendiri
merupakan cabang filsafat yang berkaitan dengan
asal, sifat, karakter dan jenis pengetahuan. Sedangkan, Etik merupakan kumpulan asas atau nilai yg berkenaan
dengan akhlak.
Lalu bagaimana konteks atau isi dari
keduanya dalam Pendidikan Matematika????
Sebelum itu kita tau
bahwa pada filosofi matematika yang berbeda akan menghasilkan produk yang
sangat berbeda dalam hal praktek pendidikannya. Sehingga sebagai dasar untuk
membedakan ideologi, kita mengadopsi teori Perry yang merupakan teori psikologi
tentang perkembangan sikap epistemologis individu dan etis, dan juga merupakan
teori struktural yang memberikan atau menyiapkan suatu kerangka kerja yang
sesuai dengan berbagai macam filosofi yang berbeda. Dalam teori Perry terdapat
tiga tahap yaitu, dualisme, multiplisitas dan relativisme. Pada epistimologi
dan etik sama- sama mengandung ketiga tahap tersebut. Jadi, bisa kita tau bahwa
konteksnya sendiri mereka sama- sama mengadopsi teori Perry.
Karena
memiliki arti yang bebeda, apa peran dari masing- masing keduanya dalam Pendidikan
Matematika???
Pada epistemologi
berperan dalam memberikan jalan bagi orang yang ingin mempelajari pendidikan
matematika dan juga memberikan batas-batas pada pendidikan matematika, sehingga
posisi epistemologi menjadi faktor penting dalam mendasari pengajaran
matematika. Sedangkan, etik kita bisa ambil contoh dalam pandangan etik
individu berperan dalam menggabungkan kedua nilai epistemologis dan nilai moral,
tanpa merendahkan arti yang bermaksud, sehingga menggabungkan antara filsafat
publik dan filsafat pribadi. Contohnya adalah Absolutisme
Dualistik yaitu menggabungkan dualisme dengan
absolutisme.
Dari penjelasan singkat
diatas, apa kalian tau bagimana unsur dari nilai- nilai ketiga tahapan teri
Perry dalam pandangan Etika Filsafat Pendidikan Matematika???
Perry dalam pandangan Etika Filsafat Pendidikan Matematika???
Bahwa nilai-nilai
tersebut merupakan nilai yang sangat saling berkaitan (khususnya persekutuan, dan
aspek sosial keadilan sosial) tetapi juga mengandung unsur keterpisahan kesetaraan,
dan aspek keadilan dari keadilan sosial. Masing-masing dari tiga set nilai tersebut
menyediakan prinsip dasar untuk penalaran moral.
Sekian, sampai jumpa di bab selanjutnya..............
|
0 komentar:
Posting Komentar